Jayapura Pagi Ini, Tak Bisa Internet, Susah Menelepon, Baru Bisa Lewat SMS

Jayapura Pagi Ini, Tak Bisa Internet, Susah Menelepon, Baru Bisa Lewat SMS
Rudiantara. Foto: JPNN

jpnn.com, JAYAPURA - Layanan komunikasi di Kota Jayapura, Papua, Jumat (30/8) masih mengalami gangguan. Hal ini buntut dari unjuk rasa yang berujung rusuh, Kamis (29/8) pagi hingga sore waktu setempat.

Antara melaporkan, sekitar pukul 06.30 WIT atau sekitar pukul 04.30 WIB, panggilan ponsel ke luar dan masuk masih mengalami gangguan dengan suara yang tidak bisa didengar lawan bicara.

Jaringan data seluler juga masih tidak bisa digunakan untuk mengakses internet atau berhubungan melalui aplikasi chat. Sejauh ini, komunikasi baru bisa dilakukan lewat pesan singkat (sms).

BACA JUGA: Fahri Hamzah: Jokowi Harus Ambil Langkah Luar Biasa untuk Papua

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengatakan memang terjadi gangguan layanan seluler di Jayapura dan sekitarnya.

Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Rudiantara menyebut gangguan tersebut karena ada yang memotong kabel utama jaringan optik telekomunikasi.

"Yang terjadi di Jayapura, karena ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh jenis layanan seluler di banyak lokasi di Jayapura," kata Rudiantara dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis malam.

Rudiantara menegaskan bahwa gangguan telekomunikasi yang terjadi di Jayapura dan sekitarnya, bukanlah karena kebijakan pemerintah. Sebab kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan layanan data.

Rudiantara menyebut ada yang memotong kabel utama jaringan optik telekomunikasi di Jayapura.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News