Jazuli Juwaini Mengajak Masyarakat Menjaga dan Melestarikan Seni Pencak Silat sebagai Warisan Dunia

Buka Festival Rampak Pencak Silat Cilegon

Jazuli Juwaini Mengajak Masyarakat Menjaga dan Melestarikan Seni Pencak Silat sebagai Warisan Dunia
Ketua Fraksi PKS DPR RI yang juga anggota Komisi I DPR Jazuli Juwaini saat membuka Festival Rampak Pencak Silat di Kota Cilegon, Banten, Minggu (6/8). Foto: Fraksi PKS DPR.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengajak masyarakat menjaga dan melestarikan seni pencak silat sebagai warisan budaya dunia. 

Anggota Komisi I DPR ini mengatakan bahwa pencak silat merupakan seni budaya asli Indonesia yang telah diakui dunia melalui UNESCO sebagai World Heritage dalam kategori Warisan Budaya Takbenda asal Indonesia pada 2019.

"Kita harus bangga pencak silat telah diakui sebagai warisan dunia asal Indonesia. Akan tetapi, tidak cukup hanya itu, kita harus menjaga dan melesatarikannya sehingga budaya ini mengokohkan karakter bangsa Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (7/8).

Jazuli menyampaikan hal ini saat membuka Festival Rampak Pencak Silat di Kota Cilegon, Banten, Minggu (6/8).

Acara dikemas dengan Pertunjukan Rakyat yang merupakan salah satu program kemiteraan antara Kementerian Kominfo dan Komisi I DPR dengan tema "Pemajuan Kebudayaan untuk Pengokohan Karakter Pancasila".

Acara yang digelar di Lapangan Parkir Pasar Blok F Kota Cilegon dan dihadiri para pendekar pencak silat dari 50 peguron se-Cilegon, itu menampilkan kompetisi seni pencak silat antarpeguron, serta atraksi debus Banten. 

Hadir dalam dalam acara tersebut, Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta, Wakil Ketua DPRD Cilegon Nurrotul Uyun dan anggota DPRD Provinsi Banten dr. Shinta Wisnu dan para tetua pendekar pencak silat se-Cilegon. 

Lebih lanjut Jazuli menjelaskan bahwa pencak silat memiliki makna dan filosofi yang kuat.

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengajak masyarakat menjaga dan melestarikan seni pencak silat sebagai warisan budaya dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News