Jeffrey Adrian, Calon Air Racer Pertama dari Indonesia

Siapkan Selebrasi Terbang Rendah di Jalan Sudirman

Jeffrey Adrian, Calon Air Racer Pertama dari Indonesia
Jeffrey Adrian di depan pesawat milik Mike Goulian, salah seorang pilot Red Bull Air Racing World Championship, dalam seri di Perth, Australia. Foto: Adrian Aerosports for Jawa Pos
Kemapanan tak selamanya menjadi pilihan hidup. Itulah jalan yang ditempuh Jeffrey Adrian. Dia meninggalkan pekerjaan sebagai pilot Garuda Indonesia demi mengejar mimpi menjadi air racer.

M. DINARSA KURNIAWAN, Jakarta

JEFFREY Adrian tampak berseri-seri saat hadir di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kemarin (9/8). Berjaket kulit, Jeffrey mengajak serta istrinya, Revi Regina, dan seluruh anggota Adrian Aerosports, tim manajemen yang dibentuknya, serta orang tua dan mertua. Acara di Kemenpora itu untuk melepas kepergian Jeffrey ke Boston untuk mengikuti pelatihan menjadi pilot Red Bull Air Race. Menpora Andi Alifian Mallarangeng hadir dalam acara itu untuk memberikan semangat dan dukungan kepada pilot kelahiran Bandung, 4 Maret 1970 itu. Jeffrey akan berangkat 12 Agustus lusa.

"Saya pernah melihat Red Bull Air Race World Championship di TV kabel. Hebat sekali pilot-pilotnya. Saya membayangkan, kapan ya ada orang Indonesia bisa jadi peserta di ajang seperti itu," kata Andi Mallarangeng. "Lalu, saya bertemu Jeffrey. Ini adalah hal yang langka. Jadi, dia harus didukung untuk mengharumkan nama bangsa di olahraga dirgantara," lanjutnya.

Dukungan dari pemerintah adalah salah satu syarat seorang pilot mengikuti kejuaraan tersebut. Red Bull Air Race World Championship adalah even yang kerap disamakan dengan balap Formula 1 di udara. Dalam ajang itu, para air racer (sebutan untuk pilotnya) menunjukkan keterampilan beraksi di udara di lintasan yang sudah disiapkan.

Kemapanan tak selamanya menjadi pilihan hidup. Itulah jalan yang ditempuh Jeffrey Adrian. Dia meninggalkan pekerjaan sebagai pilot Garuda Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News