Jelang Libur Nataru, Menhub Tinjau 3 Ruas Tol

Jelang Libur Nataru, Menhub Tinjau 3 Ruas Tol
Menhub Budi Karya di Tol Layang Jakarta-Cikampek, Minggu (8/12). Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan pada tiga titik ruas tol, Minggu (7/12) kemarin jelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Adapun ruas yang ditinjau yakni, Tol Elevated Jakarta – Cikampek (Japek II), Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) serta pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Pada Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kementerian Perhubungan telah memetakan titik-titik yang dianggap krusial untuk ditangani guna melancarkan penyelenggaraan pada Rapat Koordinasi Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Jakarta, Kamis (4/12).

"Beberapa titik krusial seperti operasional sejumlah ruas tol mulai dari tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatera, hingga pelabuhan penyeberangan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan.

Budi menyebutkan Tol Cipali kemungkinan rawan terhadap kecelakaan dan kekurangan rest area.

Kemudian, Tol layang (elevated) Jakarta Cikampek yang akan segera dibuka pada pertengahan Desember menjadi perhatian Menhub.

"Kemenhub telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi terjadinya kemacetan jalan tol seperti optimalisasi pembukaan tol gate, sistem jemput bola, penambahan petugas lapangan, optmalisasi Gerbang Tol Otomatis (GTO), Penempatan Variable Message Sign (VMS) pada titik awal Jakarta –Cikampek Elevated (baik dari arah Jakarta maupun Cikampek), dan sistem buka tutup pada SPBU & Rest Area di jalan tol apabila sudah terjadi kepadatan," tandasnya.(chi/jpnn)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi terjadinya kemacetan jalan tol saat libur Nataru.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News