Jelang Natal, Kemenhub Lakukan Ramp Check Angkutan Barang

Jelang Natal, Kemenhub Lakukan Ramp Check Angkutan Barang
Ilustrasi kemacetan. Foto: Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Jelang angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melakukan ramp check kendaraan angkutan barang untuk meningkatkan keselamatan bertransportasi.

Hari ini, Minggu (10/12) pelaksanaan inspeksi lalu lintas angkutan jalan (ramp check) dilakukan serentak di 24 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dari 24 lokasi, dilakukan pemeriksaan terhadap 665 kendaraan dan yang dinyatakan lulus sebanyak 208 kendaraan atau sekitar 31,3 persen, sedangkan sisanya ditilang dan baru diijinkan jalan bila sudah memperbaiki kerusakan minor ataupun melengkapi surat-surat.

Sedangkan di Jakarta ramp check dilaksanakan di Pool PT. Puninar Logistik, Jl. Raya Cakung Cilincing, untuk angkutan barang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengemukakan, penyebab kecelakaan lalu lintas secara umum bisa disebabkan oleh beberapa faktor antara lain manusia, kendaraan, lingkungan dan jalan.

"Salah satu faktor kecelakaan dari kendaraan yaitu kondisi kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan teknis laik jalan," jelas Budi.

Pada saat Libur Hari Raya seperti Lebaran, Idul Adha, Natal maupun libur lainnya, memiliki karakteristik pergerakan masyarakat yang besar sehingga dikhawatirkan akan meningkatkan potensi kecelakaan di wilayah-wilayah tertentu apabila tidak diantisipasi.

Kegiatan Inspeksi Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Ramp Check) khususnya terhadap Angkutan Barang bertujuan untuk menurunkan kejadian dan fatalitas kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan barang.

Dari 24 lokasi, dilakukan pemeriksaan terhadap 665 kendaraan dan yang dinyatakan lulus sebanyak 208 kendaraan atau sekitar 31,3 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News