Jelang Nataru, Menhub Intensifkan Ramp Check Bus Pariwisata

Jelang Nataru, Menhub Intensifkan Ramp Check Bus Pariwisata
Bus buatan Jepang yang dijual di Indonesia. Foto: JPG/Pojokpitu

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta Dinas Perhubungan untuk secara intensif melakukan ramp check pada bus pariwisata. 

"Nataru tahun lalu memang terjadi kecelakaan terutama kecelakaan bus, maka saya meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan Polri untuk melakukan ramp check secara khusus pada bus pariwisata," tutur Budi.

Pasalnya menurut Budi, bus pariwisata tidak pernah dilakukan ramp check karena berada di homebased dan tiba-tiba disewa oleh masyarakat. 

"Karenanya, kami akan lakukan ramp check pada semua bus pariwisata," seru Budi.

Mantan dirut AP II ini juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif untuk memastikan angkutan bus pariwisata yang akan digunakan telah dilakukan ramp check. Hal ini bertujuan untuk antisipasi terkait kondisi ban, rem, dan fungsi lainnya.

"Untuk pemeriksaan ramp check, tahun lalu kami cuma bisa melakukan 70 persen dan yang 30 persen kami lakukan law enforcement. Jadi kalau saat ditemui dijalan tidak tertera stiker uji KIR maka akan diberhentikan," tegas Budi.

Selain fokus pada pemeriksaan ramp check pada angkutan bus pariwisata, Kemenhub akan berkoordinasi secara intensif dengan Polri, Dishub, dan para operator.

"Kementerian Perhubungan pasti akan lebih waspada terhadap berbagai kemungkinan. Karenanya, kami berkoordinasi secara intensif dengan Polri dan Dishub. Hal yang paling penting juga, operator harus sangat berhati-hati demi keselamatan dalam berkendara," kata Budi.

Bus pariwisata tidak pernah dilakukan ramp check karena berada di homebased dan tiba-tiba disewa oleh masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News