Jelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021, Mendikbud Serahkan Materi Soal Tes CASN

Selasa, 20 April 2021 – 15:41 WIB
Jelang Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021, Mendikbud Serahkan Materi Soal Tes CASN - JPNN.com
Jelang pendaftaran PPPK 2021, sejumlah guru honorer mempersiapkan diri dengan ikut bimbel. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kemendikbud resmi menyerahkan materi soal seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) 2021, baik CPNS maupun PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).

Penyerahan dilakukan Mendikbud Nadiem Makarim kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo selaku ketua tim pengarah panitia seleksi nasional pengadaan CASN. 

"Kemendikbud ikut dilibatkan untuk penyusunan soal seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dan soal seleksi kompetensi calon PPPK," kata Mendikbud Nadiem dalam serah terima soal seleksi CASN 2021 di Jakarta, Selasa (20/4).

Dijelaskan Nadiem, penyusunan materi soal dilaksanakan melalui beberapa tahapan antara lain pertama penyusunan kisi-kisi dengan memerhatikan hasil evaluasi pelaksanaan seleksi CPNS dan kisi-kisi PPPK tahun 2019. 

Proses ini melibatkan unsur dari KemenPAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang didampingi oleh ahli konstruksi soal dari dan pembelajaran Kemendikbud. 

Kedua, kata Nadiem, proses telaah bahasa oleh para ahli dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memastikan disusun telah sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Materi soal ini bisa digunakan untuk seleksi pengadaan CPNS dan PPPK tahun 2021 di lingkungan kementerian, lembaga dan pemerintah daerah," ucap Nadiem.

Dia menambahkan, Kemendikbud berkomitmen untuk selalu membantu proses pengadaan pegawai secara tuntas dan transparan sehingga memungkinkan rekrutmen calon-calon smart ASN, profesional, berintegritas tinggi, berwawasan global, menguasai teknologi, memiliki jiwa keramah-tamahan dan serta kemampuan membangun jejaring. (esy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...