Jelang PTM, Berapa Jumlah Anak Sudah Divaksin COVID-19?

Jelang PTM, Berapa Jumlah Anak Sudah Divaksin COVID-19?
Jelang penerapan Pembelajaran Tatap Muka alias PTM, berapa jumlah anak sudah vaksinasi COVID-19?. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyoroti beberapa hal terkait rencana penerapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di beberapa daerah.

Salah satu yang disorot KPAI ialah tentang capaian vaksin usia anak usia 12 tahun hingga 17 tahun, yang belum maksimal.

Target sasaran 26 juta lebih anak divaksinasi, ternyata belum mencapai. Vaksinasi dosis pertama untuk anak baru menyasar 2.478.886 dan kedua 1.370.995.

"Artinya keinginan Presiden (Joko Widodo, red) membolehkan sekolah bila anak sudah divaksin semua, perlu dipertimbangkan dan dipetakan," kata Komisioner KPAI Jasra Putra dalam keterangan persnya, Kamis (26/8).

KPAI, kata Alumnus Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Padang, Sumatra Barat itu, menyoroti pula tentang penerapan protokol kesehatan di sekolah yang akan menerapkan PTM.

Selan itu, perlu juga dibangun tempat isolasi sementara yang aman ketika pemeriksaan suhu seorang anak di atas 37 derajat celcius.

"Begitu juga dengan cek suhu sebelum masuk sekolah, ketika menunjukkan 37 derajat, belum ada tempat transit sementara anak, sebelum dijemput orang tua," tutur Jasra.

Selain itu, kata dia, angka partisipasi anak dalam PTM juga harus dipikirkan. Misalnya, bagaimana mengatasi hambatan anak menerapkan PTM. 

KPAI menyoroti beberapa hal terkait rencana Pembelajaran Tatap Muka atau PTM di beberapa daerah, berapa jumlah anak sudah divaksin COVID-19?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News