Jelang Ramadan dan Idulfitri, Nevi: Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok

Jelang Ramadan dan Idulfitri, Nevi: Jaga Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok
Anggota Komisi VI DPR Hj Nevi Zuairina. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR Hj Nevi Zuairina meminta pemerintah agar menjelang ramadan dan IdulFitri memastikan harga kebutuhan pokok stabil. Hal ini penting agar masyarakat dapat melalui momentum besar tahunan ini dengan rileks dan menyenangkan.

Nevi mengatakan beberapa analisa pasar berdasarkan pantauan dan penelitian singkat menunjukkan bahwa menjelang Ramadan dan Idulfitri harga-harga kebutuhan pokok diprediksi akan mengalami kenaikan.

“Menjelang Ramadan dan Idulfitri biasanya harga-harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan adanya kenaikan permintaan yang tidak biasanya saat Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Politikus PKS ini.

Nevi menegaskan bahwa Pemerintah  dapat memastikan tersedianya stok komoditas yang tiap tahun mengalami kenaikan saat Ramadhan dan Idul Fitri seperti daging, beras, gula, terigu, bawang merah, dan minyak goreng.

Hal ini ia tekankan terus karena Pemerintah sangat perlu mengambil langkah yang tepat untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok agar tidak merugikan pihak-pihak terkait seperti petani, nelayan, pedagang, dan juga masyarakat selaku konsumen.

"Ada 4 hal yang harus diperhatikan, yaitu pasokan, distribusi, sinergi dan operasi pasar," Jelas Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Sumatera Barat II itu.

Nevi menambahkan, berkaitan dengan langkah yang perlu di ambil Pemerintah adalah memastikan distribusi berjalan lancar, jangan ada penimbunan, lakukan koordinasi yang baik antar Kementerian dan Lembaga terkait. Jangan sampai data yang berbeda antar Kementerian dan Lembaga menjadi penyebab munculnya kebijakan yang merugikan rakyat.

"Upaya menjamin tersedianya pasokan stok komoditas dapat dilakukan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan dengan melakukan pemeriksaan gudang-gudang yang menyimpan komoditas kebutuhan pokok untuk memastikan tidak terjadi penimbunan. Selain itu Pemerintah harus memberikan sanksi yang tegas jika ada yang terbukti melakukan penimbunan

Anggota Komisi VI DPR Hj Nevi Zuairina meminta pemerintah agar menjelang ramadan dan IdulFitri memastikan harga kebutuhan pokok stabil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News