Jelang SEA Games 2021, Tim Review Lakukan Interview & Tes Pengukuran Atlet

Jelang SEA Games 2021, Tim Review Lakukan Interview & Tes Pengukuran Atlet
Tim Review PPON Kemenpora melakukan tes pengukuran untuk fisik, kesehatan dan psikologi atlet yang akan diberangkatkan ke SEA Games 2021. Foto: Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) ternyata tak hanya melakukan interview rekam jejak dalam merekomendasikan atlet suatu cabang olahraga (cabor) yang akan diberangkatkan ke SEA Games 2021 Hanoi.

Namun, tim yang diketuai oleh Profesor Asmawi tersebut juga melaksanakan Control Test Atlet Pelatnas PPON yang dilaksanakan pada tgl 28-29 Maret dan 31 Maret -1 April 2022 lalu bertempat di Laboratorium Sports Science dan GOR Universitas Negeri Jakarta.

Setidaknya, 15 cabor yang mengikuti tes tersebut, seperti Atletik, Renang, Angkat Besi, Judo, Finswimming, Menembak, Voli Pantai, Panahan, Surfing, Panjat Tebing, Wushu, E-Sport, Balap Sepeda, Tenis hingga Triathlon yang melibatkan para tenaga ahli sports science dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Respon positif pun diungkapkan para cabor terkait tes pengukuran yang dilakukan oleh Tim Review PPON ini, seperti yang dilontarkan Novita, selaku Pelatih Kepala Timnas Wushu Indonesia.

Menurutnya, tes pengukuran yang dilakukan seperti tes fisik, tes kesehatan dan tes psikologi oleh Tim Review PPON sudah tepat untuk mengetahui kondisi atlet yang akan diberangkatkan baik dari kondisi fisik, kesehatan dan psikologi atlet saat ini.

"Tes pengukuran bukanlah sesuatu yang asing bagi setiap cabor, jadi kalau ditanya apakah sudah tepat ya pasti tepat," ucap Novi saat diubungi, Kamis (21/4/2022).

Ini merupakan sejarah untuk pertama kalinya tiga perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang masing-masing memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) bekerjasama dalam melaksanakan tes yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan aspek kesehatan, fisik dan psikologis atlet selama mengikuti Pelatnas dari Januari-Maret 2022.

Tes berlaku tak hanya untuk atlet, namun untuk pertama kalinya juga tes dilakukan terhadap manager dan pelatih terkait kesehatan dan psikologi.

Tim Review PPON ternyata tak hanya melakukan interview rekam jejak dalam merekomendasikan atlet suatu cabang olahraga yang akan diberangkatkan ke SEA Games 2021

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News