Jembatan Comal Dibuka Lebih Cepat

Jembatan Comal Dibuka Lebih Cepat
Jembatan Comal Dibuka Lebih Cepat

jpnn.com - PEMALANG -  Pembukaan Jembatan Comal A (sisi bagian selatan) lebih cepat sehari dari jadwal sebelumnya. Dari target pembukaan yang dijadwalkan Sabtu (5/10), jembatan itu sudah mulai dioperasikan secara resmi pada Jum'at malam (03/10) pukul 22.30 WIB.

PPK Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Yafkur mengatakan, pembukaan Jembatan Comal A dilakukan lebih cepat 1 hari dari jadwal semula demi mengakomodir kepentingan masyarakat. Terlebih pada tanggal 4 ada sebagian umat Islam yang sudah merayakan Hari Raya Idul Adha.

"Oleh karenanya Jembatan Comal A (sisi selatan) dibuka lebih cepat dari jadwal semula," ujar Yafkur, di sela-sela peresmian jembatan itu.

Sedangkan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Jawa Tengah, Sumarjono mengatakan, dengan pembukaan Jembatan Comal sisi selatan maka tidak ada lagi pembatasan tonase khusus bagi kendaraan dari arah Semarang menuju Jakarta. Asalkan sesuai dengan JBI (Jumlah Berat Ijin) dan JBB (Jumlah Berat Bruto)  yang tertera di buku kir atau yang tertempel pada badan kendaraan, maka kendaraan itu diperkenankan melintasi Jembatan Comal sisi selatan.

Namun demikian ada beberapa kendala yang dihadapi. "Kendala yang kami hadapi adalah kendaraan berat yang melebih JBI atau JBB akan memperlambat laju kendaraan saat melintasi jembatan," katanya.

Sedangkan untuk Jembatan Comal sisi utara (Jembatan Comal B), untuk sementara masih difungsikan meski hanya bagi kendaraan sumbu 2 bermuatan atau tanpa muatan. Untuk perbaikan Jembatan Comal sisi utara, akan didahului pengamanan material di bagian bawah jembatan guna mengantisipasi meluapnya air Sungai Comal dikarenakan datangnya musim hujan.(rid/sri/jpnn)


PEMALANG -  Pembukaan Jembatan Comal A (sisi bagian selatan) lebih cepat sehari dari jadwal sebelumnya. Dari target pembukaan yang dijadwalkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News