Jenderal Sigit: Polri Terus Diuji, Ibarat Emas yang Sedang Dimurnikan

Jenderal Sigit: Polri Terus Diuji, Ibarat Emas yang Sedang Dimurnikan
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, LEMBANG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menutup kegiatan pendidikan Sespimti Dikreg ke-31 dan Sespimmen Dikreg ke-62 Tahun 2022 di Lembang, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Sigit memberikan arahan kepada peserta didik yang sudah lulus untuk menyiapkan diri menjadi pemimpin yang profesional dan mau turun langsung ke lapangan.

"Saya selalu ingatkan bahwa sebentar lagi rekan-rekan akan kembali bertugas, apa yang kalian dapatkan di sini, tentunya menjadi bekal pada saat kembali melaksanakan tugas di lapangan," ujar Sigit.

Mantan Kadiv Propam Polri itu mengingatkan segala ilmu yang diperoleh selama pendidikan harus bisa diimplementasikan untuk menjadi pemimpin yang merangkul anggota dan melayani masyarakat.

"Jangan pernah takut dan ragu untuk terus melakukan hal yang terbaik kepada masyarakat," ujar Sigit.

Sigit menyebut para calon pemimpin Polri masa depan harus memiliki tiga kompentensi yakni, teknis, etika, dan leadership. Dengan menguasai hal itu, Sigit meyakini, para lulusan akan menjadi sosok yang bisa diteladani oleh anggota serta masyarakat.

Dengan terciptanya sosok pemimpin yang diteladani, menurut Sigit, akan menghindari dari segala macam bentuk potensi pelanggaran yang dilakukan oleh anggota, seperti pungutan liar (pungli), tidak profesional, perilaku buruk, kesewenang-wenangan, hingga perilaku kasar.

Apabila dapat dicegah potensi pelanggaran sejak dini, diharapkan hal itu dapat mengembalikan tingkat kepercayaan publik, yang sempat menempatkan Polri menjadi salah satu lembaga negara yang paling dipercaya oleh masyarakat.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut ujian yang diterima Polri selama ini ibarat proses pemurnian menjadi emas 24 karat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News