Jenggala Layani Sidoarjo-Mojokerto, Jauh Dekat Rp4 Ribu

Jenggala Layani Sidoarjo-Mojokerto, Jauh Dekat Rp4 Ribu
KA Jenggala melayani rute Sidoarjo-Mojokerto. Foto: Istimewa

jpnn.com - SIDOARJO - Kereta api baru bernama Jenggala, kemarin (24/11) diresmikan. Grand launching kereta dengan rute Sidoarjo-Mojokerto tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan daerah, provinsi, hingga nasional.

Menteri perhubungan Ignasius Jonan, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Dirjen Kereta Api Hermanto Dwiatmoko, dan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro turut hadir dalam grand launching tersebut. Kereta api ini dioperasikan untuk mengakomodasikan kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi masal yang aman, nyaman, dan bebas macet. Dengan empat gerbong, kereta ini mampu membawa penumpang sebanyak 266 orang.

Kursi cukup nyaman dan gerbong ber-AC. Tarifnya pun hanya Rp 4.000 jauh dekat sekali jalan karena sebagian besar biaya kereta api yang beroperasi sebanyak enam kali pulang-pergi dalam sehari ini ditanggung kementerian perhubungan.

Ignasius Jonan mengatakan, kereta api Jenggala ini memang disediakan oleh kementerian perhubungan. Dia menambahkan bahwa yang terpenting adalah kualitas bahan dari kereta api itu sendiri.

“Tidak perlu mahal, yang penting kualitasnya bagus sehingga penumpang merasa nyaman,” lanjutnya.

Dalam granda launching kemarin, Ignasius meninjau ke empat gerbong kereta api Jenggala, mulai dari gerbong masinis hingga ke gerbong penumpang, dan ngobrol dengan beberapa penumpang.

Setelah meninjau bagian dalam kereta api, Ignasius bersama Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyiram air bunga ke bagian depan kereta api. Hal itu dimaksudkan agar perjalanan kereta api tersebut selalu dilindungi. Saiful Ilah pun berkesempatan untuk memberangkatkan kereta api tersebut menuju Tulangan.

Direktur utama PT KAI Edi Sukmoro berharap agar kereta api ini bisa mengurangi angka kecelakaan di jalan. Masyarakat diharapkan bisa lebih banyak yang menggunakan transportasi umum.

SIDOARJO - Kereta api baru bernama Jenggala, kemarin (24/11) diresmikan. Grand launching kereta dengan rute Sidoarjo-Mojokerto tersebut dihadiri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News