Jepang Dan Taiwan Terlibat Duel Meriam Air

Jepang Dan Taiwan Terlibat Duel Meriam Air
Jepang Dan Taiwan Terlibat Duel Meriam Air
DI TENGAH ketegangan dengan Tiongkok terkait sengketa wilayah atas Kepulauan Senkaku, Jepang terlibat insiden dengan Taiwan. Kapal-kapal penjaga pantai Jepang (JCG) dan Taiwan terlibat duel atau saling serang dengan meriam air (water cannon) Selasa (25/9).

Insiden itu terjadi setelah kapal patroli Taiwan memandu belasan kapal nelayan dari Formosa (nama Taiwan sebelum 1945, Red) ke perairan di sekitar kepulauan yang dikuasai Jepang. Sebagaimana Tiongkok, Taiwan juga mengklaim sebagai pemilik wilayah Senkaku.

Kapal penjaga pantai Jepang pun menembakkan meriam air ke kapal-kapal nelayan Taiwan. Adegan itu terekam dan disiarkan stasiun televisi NHK. Dalam tayangan televisi milik pemerintah Jepang tersebut, terlihat pula kapal-kapal patroli Taiwan ganti mengarahkan meriam air bertekanan tinggi ke arah kapal-kapal penjaga pantai Jepang.

Insiden itu merupakan yang terbesar antara Jepang dan Taiwan sejak Perang Dunia II berakhir. Dalam keterangan resmi, Tokyo menyatakan bahwa sebelum insiden terjadi, kapal-kapal penjaga pantai maupun kapal nelayan Taiwan memasuki perairan Jepang. Menurut JCG, selusin kapal penjaga pantai Taiwan dan 40 kapal nelayan telah berada di wilayah perairan Jepang selama berjam-jam.

DI TENGAH ketegangan dengan Tiongkok terkait sengketa wilayah atas Kepulauan Senkaku, Jepang terlibat insiden dengan Taiwan. Kapal-kapal penjaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News