Jerman Krisis Perawat Panti Jompo

Jerman Krisis Perawat Panti Jompo
Lansia. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com, PADERBORN - Ferdi Cebi senang. Kanselir Jerman Angela Merkel mengunjungi tempatnya bekerja di Panti Wreda St. Johannisstift, Paderborn. Cebi adalah salah satu perawat lansia di tempat itu.

September lalu, dalam sebuah talk show pemilu federal, Cebi meminta Merkel berkunjung ke pantinya. Senin (16/7) Merkel menepati janji.

Bukan tanpa alasan Cebi meminta Merkel datang. Jumlah lansia di Jerman terus meningkat. Saat ini ada sekitar 3 juta lansia yang tinggal di panti-panti jompo di berbagai kota di Jerman. Jumlah itu diramalkan menjadi 4,5 juta orang pada 2060.

Masalahnya, peningkatan tersebut tidak berbanding lurus dengan pertambahan jumlah perawat. Deutsche Welle melaporkan, kini Jerman membutuhkan sekitar 15 ribu perawat lansia. Namun, jumlah perawat di negara itu pun minus. Total, Jerman butuh 36 ribu perawat lagi.

Karena jumlahnya kurang, banyak perawat yang beban kerjanya berlipat. Ribuan panti jompo kekurangan staf. Itulah yang ingin Cebi tunjukkan kepada Merkel.

Dia juga berharap kehadiran Merkel bisa mengangkat pamor perawat lansia. Sebab, pekerjaan perawat lansia pun sangat mulia. (sha/c15/hep)


Jumlah lansia di Jerman terus meningkat. Saat ini ada sekitar 3 juta lansia yang tinggal di panti-panti jompo di berbagai kota


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News