JK Dicurigai Bermanuver Dongkel Ical

JK Dicurigai Bermanuver Dongkel Ical
JK Dicurigai Bermanuver Dongkel Ical

jpnn.com - JAKARTA –  Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung (AT) menuding Jusuf Kalla sebagai tokoh di balik upaya melengserkan Aburizal Bakrie  dari kursi ketua umum Partai Golkar. Akbar menilai  desakan sejumlah tokoh Golkar  agar partai berlambang beringin mempercepat musyawarah nasional (Munas) merupakan manuver JK.

“Ada semacam kesan kalau (JK -red) menang pemilu, Golkar akan diambil lagi oleh pemenangnya. Langkah ini pernah dilakukan JK pada saat 2004. Yaitu, ketika Golkar ikut dalam kelompok oposisi koalisi kebangsaan bersama PDI Perjuangan,” ujar Akbar Tandjung seperti yang dilansir INDOPOS (Grup JPNN.com), Kamis (17/7).

Ketika itu, lanjutnya, Golkar kemudian malah bergabung dengan pemerintahan setelah JK menjadi ketua umum. Kala itu, JK merupakan wapres terpilih yang menemani Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Dulu dengan segala kekuatan, akhirnya JK jadi ketua umum. Karena posisinya juga sebagai wapres, dia punya kepentingan agar Golkar menjadi kekuatan mendukung pemerintah,” papar dia.

Apalagi, kata Akbar, ketika itu JK dianggap naik ke posisi tertinggi partai tanpa kerja keras. “Yang kerja keras kami-kami. Dia diajak SBY jadi wapres, kemudian SBY menang. Karena dia Golkar, kemudian dengan berbagai cara menang dia jadi ketua umum. Kemudian diubah Golkar jadi pendukung pemerintah,” paparnya.
 
Dia melihat, pola itu akan kembali digunakan, jika Joko Widodo-JK menang pilpres dan Koalisi Merah Putih gagal mengawal Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebagai presiden-wapres. Apalagi, desakan percepatan munas kali ini dilakukan oleh orang-orang yang selama ini memang dikenal dekat dengan JK.
    
Jusuf Kalla diketahui mendorong agar pelaksanaan munas dipercepat. Karena kalau pelaksanaan munaslub ini atas dasar permintaan banyak pihak, maka harus segera dilaksanakan. Hal sama juga ketika dirinya  kalah dalam Pilpres 2009, Aburizal  Bakrie juga mendesak agar untuk mempercepat munas.

“Sama saya dulu didesak mempercepat munas agar  bisa segera mengatur posisi bernegosiasi dengan pemerintahan baru,” kata JK usai melangsungkan pertemuan dengan Dewan Masjid Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/7).

Sejauh ini, JK menyatakan, belum ada pihak Golkar yang bersilaturahmi dengan pasangan Jokowi-JK. Sebab, dia berpendapat, dirinya, juga belum dipastikan menang pilpres. Namun dirinya optimistis banyak kader kompeten yang menggantikan Ical. “Kader senior partai dan dari kalangan muda Golkar, sama-sama punya peluang untuk memimpin partai,” paparnya.
 
Sebelumnya, untuk diketahui, sejumlah tokoh Golkar yang menyatakan dirinya sebagai barisan Golkar lintas generasi, dengan menyerukan himbauan penyelamatan Golkar di Gedung Perintis, kompleks Tugu Proklamasi, Jakarta, Selasa, (15/7).

Acara tersebut dihadiri oleh tokoh Golkar lintas generasi. Di antaranya politisi senior Golkar, yakni Fahmi Idris, Andi Matalata, dan Zainal Bintang. Sementara itu, poros muda Golkar diwakili oleh Andi Sinulingga dan Indra J Piliang, serta Ketua DPP Partai Golkar Yorrys Raweyai.

JAKARTA –  Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung (AT) menuding Jusuf Kalla sebagai tokoh di balik upaya melengserkan Aburizal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News