KTT ASEAN

Jokowi Ajak PM Ganteng Kanada Promosikan Keterbukaan Ekonomi

Jokowi Ajak PM Ganteng Kanada Promosikan Keterbukaan Ekonomi
PM Kanada Justin Trudeu (abu-abu) di tengah para pemimpin negara-negara ASEAN. Foto: Biro Pers Setpers

jpnn.com, MANILA - Presiden Joko Widodo menyatakan dukungan penuh terhadap upaya pembentukan perdagangan bebas ASEAN-Kanada.

Indonesia, lanjut Jokowi, mengkhawatirkan berkembangnya gejala proteksionisme melalui penerapan hambatan tarif dan non tarif yang belakangan ini justru banyak datang dari negara maju.

Hall tersebut disampaikannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 40 Tahun Kerja Sama Kemitraan ASEAN-Kanada yang digelar di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina, Selasa (14/11). Konferensi tersebut dihadiri langsung Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

"ASEAN dan Kanada harus mengirimkan pesan kepada dunia bahwa keterbukaan ekonomi yang inklusif akan membawa manfaat bagi rakyat kita," ujar Jokowi.

Lebih jauh, mantan gubernur DKI Jakarta itu menyatakan pentingnya kemitraan ASEAN-Kanada untuk mengembangkan ekonomi terbuka yang inklusif dan saling menguntungkan keduanya.

"Kita gunakan perayaan 40 tahun ini untuk mempertebal komitmen bahwa kerjasama ASEAN-Kanada harus ditingkatkan dan menguntungkan kedua pihak," tambahnya. (fat/jpnn)


Presiden Joko Widodo berbicara dalam KTT Kemitraan ASEAN-Kanada di Manila, Filipina


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News