Jokowi Buka Peluang Tambah Perempuan di Kabinet Kerja

Jokowi Buka Peluang Tambah Perempuan di Kabinet Kerja
Presiden Jokowi dan Menteri PPPA Yohana Yembise. Foto: Humas KemenPPPA for JPNN.com

jpnn.com, RAJA AMPAT - Presiden Joko Widodo menyampaikan niatnya untuk menambah jumlah perempuan di jajaran Kabinet Kerja.

Hal ini disampaikan Presiden yang akrab disapa Jokowi, ketika menghadiri puncak Peringatan Hari Ibu ke-89 di Lapangan Waisai Torang Cinta (WTC), Raja Ampat, Papua Barat, Jumat (22/12).

Jokowi menyampaikan dirinya melihat langsung betapa perempuan-perempuan Papua dan di seluruh Tanah Air ikut serta berjuang memajukan Indonesia.

"Saya kira semua perempuan memiliki kontribusi besar dalam negara ini. Kita lihat, ibu-ibu yang menjual salak, sagu, pinang, saya kira ini menunjukkan sebuah kekuatan perjuangan kaum perempuan dalam rangka, ada yang menyekolahkan anaknya, menguliahkan anaknya, membangun rumah," ujar Jokowi.

Melihat semangat dan peran besar perempuan Indonesia, Presiden mengakui adanya kemungkinan untuk menambah jumlah menteri perempuan di masa mendatang. "Ya bisa saja, mungkin malah ditambah," tukas mantan wali kota Surakarta.

Sebelumnya dalam sambutannya Presiden menyebutkan bahwa besarnya peran perempuan Tanah Air sudah diakui dunia internasional.

Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara di dunia dengan menteri perempuan terbanyak, yaitu sembilan orang dalam Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla (JK).

"Berarti perempuan di Indonesia sudah diberi peran bagi pemerintah," ungkap Jokowi.

Saat ini ada 9 perempuan di Kabinet Kerja. Presiden Jokowi membuka peluang akan menambah lagi menteri perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News