Jokowi Harus Waspadai Jebakan Kedua

Jokowi Harus Waspadai Jebakan Kedua
Archandra Tahar. Foto: Imam Husein/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -- Presiden Joko Widodo belum mengambil keputusan siapa pengganti Archandra Tahar sebagai menteri ESDM. Malah sekarang muncul wacana Archandra akan diangkat lagi sebagai menteri ESDM.

Koordinator Konsorsium untuk Transparansi Informasi Publik (KUTIP) Hans Suta Widhya mengingatkan jika benar hal itu terjadi maka sangat berbahaya.  

Menurut dia, jika Archandra diangkat lagi sebagai menteri, maka akan merusak kredibilitas Jokowi.

"Saya menduga gerakan ini adalah jebakan berbahaya bagi Presiden Jokowi. Kalau ini terjadi, Jokowi bisa habis kredibilitasnya," kata Hans di Jakarta, Senin (5/9).

Hans mengatakan, Jokowi sudah kecolongan dengan jebakan pertama yang menimbulkan kegaduhan cukup panjang dan turunnya indeks kepercayaan publik terhadap pemerintah.

"Untung Jokowi merespon cepat soal ini dengan mencopot menteri yang berkewarganegaraan ganda sehingga kepercayaan publik pulih kembali," katanya.

Hans mewanti-wanti hal ini agar Jokowi tidak kecolongan untuk yang kedua kalinya. "Beliau harus waspada dengan jebakan kedua ini."

Sebab, Hans melihat ada gerakan yang mewacanakan bahwa Archandra bisa menjadi Menteri ESDM asalkan sudah memilih Indonesia kembali sebagai tanah airnya.

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo belum mengambil keputusan siapa pengganti Archandra Tahar sebagai menteri ESDM. Malah sekarang muncul wacana Archandra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News