Jokowi Luncurkan Portal Peduli WNI di Seoul

Jokowi Luncurkan Portal Peduli WNI di Seoul
Presiden Joko Widodo luncurkan Portal Peduli WNI di Seoul. Foto: Setpres

jpnn.com, SEOUL - Daya, Mahasiswa Indonesia di Universitas Kyungsun, Busan, 320 kilometer selatan Seoul, Korea Selatan, tidak pernah menyangka akan memperoleh kejutan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Permohonan online untuk akte kelahiran putranya yang lahir tanggal 4 September lalu dijawab langsung oleh Jokowi, saat berada di Seoul. Dokumen tersebut telah diterbitkan secara online 3 hari setelah permohonan diajukan.

"Ini tadi sudah dicek oleh Dirjen Dukcapil dan langsung saya setujui untuk diberikan akte kelahiran ya. Mau?" ujar Jokowi dalam percakapan dengan Daya melalui panggilan video jarak jauh dari KBRI Seoul, Senin (10/9).

Mendengar hal ini Daya pun langsung mengiyakan. Beberapa detik setelah Presiden menekan tombol persetujuan pemberian akte kelahiran di layar sentuh, Daya menerima akte kelahiran versi elektronik yang disertai QR code.

Dia pun kemudian diminta untuk membuka emailnya yang berisi QR code akte kelahiran putranya.

Selanjutnya dia memindai aplikasi pemindai QR code dan secara otomatis dapat melihat akte asli yang bisa dicetak sewaktu-waktu.

"Ada pak! Anak saya Pak, ada di sana Pak!" serunya begitu melihat akte kelahiran atas nama Airlangga Saka Bratajaya terpampang di layar monitor.

Hal tersebut sontak membuat semua yang hadir di sela acara santap siang tersebut tertawa dan bertepuk tangan, tak terkecuali Kepala Negara.

Kemenlu akan memiliki sistem pelayanan WNI yang seragam di seluruh Perwakilan RI terintegrasi dengan seluruh pusat data nasional terkait.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News