Jokowi Minta Kapolri dan Panglima TNI Bantu Letjen Doni Monardo

Jokowi Minta Kapolri dan Panglima TNI Bantu Letjen Doni Monardo
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membantu penanganan dampak bencana yang terjadi di Indonesia, khususnya di NTT dan NTB.

Jokowi menginginkan adanya bantuan personel TNI-Polri untuk mendukung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo dan Kepala Basarnas Marsekal Muda Henri Alfiandi.

"Selama satu pekan terakhir, cuaca ekstrem akibat siklon tropis seroja telah dirasakan di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di Provinsi NTT dan NTB yang mengalami dampak paling besar," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas Penanganan Bencana di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur di Istana Merdeka, Selasa (6/4).

Jokowi memerintahkan jajarannya untuk mempercepat proses evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban yang belum ditemukan.

"Saya minta Kepala BNPB, Kepala Basarnas, dibantu Panglima TNI dan Kapolri mengerahkan tambahan personel SAR sehingga dapat menjangkau lebih banyak wilayah terdampak dan wilayah terisolasi," katanya.

Jokowi menyadari terdapat gugus pulau di NTT, seperti Pulau Alor, Pulau Patar, dan lainnya. Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan evakuasi, pencarian, dan penyelamatan korban.

"Saya juga minta Pak Menteri PUPR, untuk mengarahkan alat-alat berat dari berbagai tempat dan jika jalur darat masih sulit ditembus, saya juga minta dipercepat pembukaan akses baik melalui laut maupun udara," kata Jokowi. (tan/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Presiden Jokowi memerintahkan Panglima TNI dan Kapolri membantu penanganan dampak bencana yang terjadi di NTT dan NTB.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News