Jokowi Minta Menpora Siapkan Desain Besar Olahraga Nasional, Hambalang Jadi Target

Jokowi Minta Menpora Siapkan Desain Besar Olahraga Nasional, Hambalang Jadi Target
Presiden Joko Widodo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga mempersiapkan Desain Besar Olahraga Nasional.

Desain tersebut akan memberikan panduan perencanaan di bidang olahraga mulai dari hulu hingga hilir yang ditujukan untuk peningkatan prestasi di kancah dunia.

Penyusunan desain besar tersebut dilakukan berdasarkan arahan Joko Widodo pada Peringatan ke-37 Hari Olahraga Nasional pada September 2020.

Presiden meminta dilakukannya kajian total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional.

"Usia negeri ini sudah 76 tahun, tetapi kami belum mempunyai desain besar. Bapak Presiden meminta kepada kami untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional, penggunaan big data, dan menjadikan sport science sebagai unsur utama di dalam pembinaan olahraga nasional," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin (15/3).

Sejumlah pihak berkepentingan seperti Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), National Paralympic Committee of Indonesia (NPCI), perguruan tinggi, akademisi, hingga praktisi olahraga telah dilibatkan dalam penyusunan desain.

Bersama mereka, Kemenpora melakukan uji publik desain keolahragaan nasional dan memperoleh masukan-masukan yang digunakan.

"Pada intinya desain besar ini diterima. Tentu ada tambahan di sana sini, ada masukan dari beberapa menteri yang hadir. Ini akan kami jadikan bahan untuk melengkapi lagi," tuturnya.

Desain besar tersebut berbicara dari sumber potensi talenta, yakni para siswa dari tingkat SMP, hingga pelatihan yang bertujuan untuk membentuk atlet-atlet nasional yang tangguh.

Menpora Zainudin Amali menyadari tidak ada prestasi yang by accident, tetapi harus by design.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News