Jokowi Resmikan Fasilitas Tiga Pelabuhan di Maluku Utara

Jokowi Resmikan Fasilitas Tiga Pelabuhan di Maluku Utara
Presiden Joko Widodo di Pelabuhan Laut Tapaleo, Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, Senin (8/5). FOTO: Biro Pers Istana Presiden

jpnn.com, MALUKU UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga fasilitas pelabuhan di Maluku Utara, Senin (8/5). Ketiganya adalah Pelabuhan Tapaleo, Pelabuhan Wayabula dan Pelabuhan Bicoli yang dipusatkan di Pelabuhan Laut Tapaleo, Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Kabupaten Halmahera Tengah.

Dalam arahannya, Jokowi menegaskan pentingnya fasilitas pelabuhan untuk menghubungan berbagai daerah di Tanah Air yang memiliki 17.000 pulau.

“Semuanya memerlukan pelabuhan tetapi baru sebagian kecil yang ada pelabuhannya,” kata Jokowi.

Karema itu, pemerintah memberikan prioritas pada daerah yang benar-benar memerlukan pelabuhan maupun pengembangan fasilitas pelabuhan.

“Misalnya di sini, di Tapaleo. Ini sudah menjadi prioritas dan sudah tiga tahun dikerjakan. Alhamdulilah hari ini bisa selesai,” ujar mantan wali kota Surakarta itu.

Setelah diresmikan, Jokowi meminta kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk meningkatkan frekuensi kapal dimana saat ini hanya dua minggu sekali kapal yang berlabuh di Tapaleo.

”Tadi juga sudah bisikkan ke menteri perhubungan agar frekunesi kapal yang datang ke Tapaleo ini lebih banyak lagi,” umgkap dia.

Penambahan kapal dapat ditingkatkan menjadi seminggu satu kali atau bahkan menjadi satu hari satu kali. Selain itu, memhub juga diminta membangun bandara di Halmahera.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga fasilitas pelabuhan di Maluku Utara, Senin (8/5). Ketiganya adalah Pelabuhan Tapaleo, Pelabuhan Wayabula

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News