Jokowi Resmikan Pabrik NPK Pupuk Iskandar Muda yang Dibangun PT PP

Jokowi Resmikan Pabrik NPK Pupuk Iskandar Muda yang Dibangun PT PP
PT PP (Persero) Tbk berhasil merampungkan pembangunan konstruksi pabrik NPK PIM yang berlokasi di Kawasan KEK Arun Lhokseumawe Provinsi Aceh. Foto dok PT PP

jpnn.com, ACEH - PT PP (Persero) Tbk berhasil merampungkan pembangunan konstruksi pabrik NPK PIM yang berlokasi di Kawasan KEK Arun Lhokseumawe Provinsi Aceh.

Proyek pembangunan pabrik pupuk tersebut diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang ditandai secara simbolis dengan prosesi penekanan tombol switch on dan penandatanganan prasasti, Jumat (10/2).

Pabrik Pupuk Nitrogen, Phosphat, dan Kalium (NPK) yang dimiliki oleh PT Pupuk Iskandar Muda ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan oleh Pemerintah.

Pembangunan pabrik pupuk NPK ini merupakan proyek pembangunan pabrik pupuk dengan menggunakan metode Chemical Reaction yang memiliki kapasitas 500.000 metric ton per year (MTPY).

Novel Arsyad selaku Direktur Utama PT PP menuturkan proyek pembangunan pabrik NPK ini dikerjakan sejak Maret 2019 dan mulai beroperasi pada Januari 2023 lalu.

Adapun lingkup pekerjaan Engineering Procurement Construction Commissioning (EPCC) yang dilakukan oleh PTPP antara lain: pekerjaan sipil, pekerjaan mekanikal, pekerjaan perpipaan, pekerjaan elektrikal, dan instrument.

Dalam proyek tersebut, PT PP berperan sebagai main kontraktor EPC yang dipercaya dan ditunjuk oleh pemilik proyek untuk membangun dan mengerjakan proyek tersebut, mulai dari proses desain pabrik sampai dengan dihasilkannya produk pupuk NPK dari pabrik tersebut.

"Pelaksanaan pembangunan pabrik pupuk NPK murni dikerjakan oleh para Engineer dan tenaga kerja nasional tanpa adanya campur tangan dari pihak asing," jelasnya.

Dalam proyek tersebut, PT PP berperan sebagai main kontraktor EPC yang dipercaya dan ditunjuk untuk membangun dan mengerjakan proyek tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News