Jumat, 19 Oktober 2018 – 01:19 WIB

Jokowi Resmikan Terminal Apung Bandara Ahmad Yani Semarang

Kamis, 07 Juni 2018 – 22:22 WIB
Jokowi Resmikan Terminal Apung Bandara Ahmad Yani Semarang - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan terminal baru Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Provinsi Jawa Tengah pada Kamis (7/6).

Peresmian ditandai dengan penekanan sirine secara simbolis oleh Presiden.

"Terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani adalah salah satu pembenahan dari gerbang langit di Jawa Tengah. Bandara ini awalnya merupakan Pangkalan Udara TNI dan terus berkembang menjadi bandara penerbangan domestik dan kemudian internasional," ujar Presiden dalam sambutannya.

Bangunan terminal baru ini memiliki luas area 58.652 meter persegi atau hampir sembilan kali lebih besar dibanding luasan terminal bandara lama yang hanya 6.708 meter persegi. Hal ini juga akan meningkatkan kapasitas penumpang.

"Bandara yang dulu kapasitasnya 800.000 orang per tahun. Yang sekarang meloncat jadi 6,5 juta penumpang per tahun. Lompatannya hampir delapan kali lipat. Ini sangat tinggi sekali," tutur mantan wali kota Surakarta itu.

Selain penambahan jumlah penumpang, bandara baru ini juga akan meningkatkan pelayanan kargo.

Jika sebelumnya hanya 10.000 ton per tahun, maka sekarang akan menjadi 16.000 ton per tahun. Dengan demikian kesempatan bisnis kargo ke luar negeri menjadi sangat terbuka.

Selain itu, dalam terminal baru tersebut juga dilengkapi tiga unit garbarata serta 30 unit counter check in untuk mempercepat pelayanan kepada penumpang maskapai.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar