Jokowi Targetkan 5 Juta Sertifikat Tanah Tahun Ini

Jokowi Targetkan 5 Juta Sertifikat Tanah Tahun Ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara Pembinaan, Fasilitasi dan Kerja Sma Akses Reform bagi Masyarakat Penerima Sertifikat Hak atas Tanah di Taman Raja Batu, Kecamatan Panyabungan, Mandailing Natal, Sabtu (25/3). Biro Pers Kepresidenan

jpnn.com, MANDAILING NATAL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kepemilikan sertifikat tanah merupakan bukti masyarakat sebagai pemilik Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Jadi sekarang harus berani mengatakan 'Ya saya pemilik NKRI. Ini buktinya sertifikat tanah saya'," ucap Presiden Jokowi.

Jokowi menyampaikan hal itu saat sambutan pada Pembinaan, Fasilitasi dan Kerjasama Akses Reform bagi Masyarakat Penerima Sertifikat Hak atas Tanah di Taman Raja Batu, Kecamatan Panyabungan, Mandailing Natal, Sabtu (25/3).

Namun hingga kini, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat. Karena itu, Presiden Jokowi memberikan target kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang.

"Target tahun ini lima juta seluruh Indonesia (harus bersertifikat). Biasanya hanya 500-700 ribu sertifikat," ungkapnya.

Diakuinya selama ini kendala utama yang dihadapi dalam pembagian sertifikat kepada masyarakat, karena kurangnya jumlah tenaga dari juru ukur. Sehingga perlu dilakukan penambahan.

"Tahun depan targetnya tujuh juta sertifikat yang dibagikan," tukas mantan Gubernur DKI Jakarta.

Untuk diketahui, dari 106 juta bidang tanah, baru 46 juta bidang yang telah disertifikatkan. Presiden menginginkan pada tahun 2025 nanti semua bidang telah bersertifikat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kepemilikan sertifikat tanah merupakan bukti masyarakat sebagai pemilik Negara Kesatuan Republik Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News