Jokowi Terlihat Berkarisma dan Gagah Memakai Baju Adat Sabu NTT

Jokowi Terlihat Berkarisma dan Gagah Memakai Baju Adat Sabu NTT
Presiden Jokowi mengenakan busana Sabu asal NTT di lokasi sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8). Foto: ANTARA/Galih Pradipta

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat Nusa Tenggara Timur (NTT) saat menyampaikan pidato Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Jumat (14/8) pagi.

Tahun lalu di Sidang Tahunan MPR, presiden mengenakan setelan jas biru, dasi merah dan peci hitam saat berpidato.

Kemudian, saat Sidang Bersama DPR-DPD, Presiden Jokowi mengganti busananya dengan baju adat Sasak, Nusa Tenggara Barat (NTB) atau disebut pegon. Pakaian itu berwarna keemasan, dengan ikat kepala berwarna senada dan keris yang diselipkan kain songket atau disebut leang.

Tahun ini Presiden mengenakan pakaian adat Sabu dari NTT dengan nuansa berwarna emas dan hitam untuk kemeja dan bawahan celana. Apa kata pengamat mode tentang ini?

"Saya senang Pak Jokowi selalu memberikan kejutan yang enggak diduga. Kali ini beliau memilih baju adat Sabu NTT, ini salah satu upaya Presiden Jokowi untuk mengangkat busana daerah tertentu yang tadinya mungkin orang tidak tahu, lalu beliau memakainya, orang jadi tahu," kata pengamat mode sekaligus perancang busana Lisa Fitria saat dihubungi ANTARA, Jumat (14/8).

Baju adat Sabu pria biasanya terdiri dari kemeja putih berlengan panjang, dilengkapi selendang dan bawahan.

Selendang yang digunakan berupa sarung tenun yang diselempangkan pada bagian bahu. Selain itu, ada ikat kepala yang terbuat dari emas kalung mutisalak, sabuk berkantong, dan perhiasan kalung dan gelang emas.

Presiden mengenakan kemeja hitam dengan modifikasi pada kain yang digunakan. Lisa tidak mempermasalahkan hal ini karena pemakaiannya sesuai pakem, membuat kharisma Pak Jokowi terlihat.

Presiden Jokowi mengenakan baju adat Sabu NTT saat menyampaikan pidato Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 dan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Jumat (14/8) pagi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News