Jokowi Terombang-Ambing Pilih Jaksa Agung

Jokowi Terombang-Ambing Pilih Jaksa Agung
Jokowi Terombang-Ambing Pilih Jaksa Agung

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum menunjuk Jaksa Agung definitif. Padahal, itu merupakan hak prerogatif yang dimilikinya.
Pengamat Hukum Tata Negara Refli Harun, menduga terjadi tarik menarik kepentingan yang membuat Jokowi terombang-ambing dalam penunjukan Jaksa Agung.

"Pembisik-pembisik Jokowi juga mendorong siapa yang pantas menjadi Jaksa Agung," ungkap Refli saat diskusi publik bertajuk, "Menanti Jaksa Agung Pilihan", yang digelar Forum Wartawan Kejaksaan Agung di Jakarta, Jumat (7/11).

Tidak cepatnya Jokowi menentukan pengganti Basrief Arif, kata Refli, jelas menjadi pertanyaan besar. Padahal, kata dia, Jaksa Agung punya peran penting dan strategis. "Itu juga terkait perwujudan visi misi Presiden di bidang hukum," kata dia.

Selain itu, Jakasa Agung merupakan hak prerogatif presiden dan tak perlu persetujuan DPR. Karenanya, ia heran dengan sikap Jokowi yang tak bisa menunjuk orang kepercayaannya menjadi Jaksa Agung. (boy/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih belum menunjuk Jaksa Agung definitif. Padahal, itu merupakan hak prerogatif yang dimilikinya. Pengamat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News