Jokowi: UI Penyumbang Menteri Terbanyak di Kabinet Kerja

Jokowi: UI Penyumbang Menteri Terbanyak di Kabinet Kerja
Presiden Joko Widodo. Foto: YouTube

jpnn.com, DEPOK - Presiden Joko Widodo mengatakan Universitas Indonesia (UI) merupakan gudangnya orang-orang pintar.

Bahkan, kata Jokowi, banyak alumni kampus yang berada di Depok, Jawa Barat, membantunya di Kabinet Kerja.

"Terima kasih sebesar-besarnya kepada UI, sebab UI penyumbang terbanyak menteri-menteri di Kabinet Kerja, sampai saat ini ada enam alumni UI yang membantu saya di kabinet," ucap Jokowi.

Hal itu disampaikannya saat mengawali pidato pada acara Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia dan Peresmian Forum Kebangsaan UI, Jumat (2/2).

Mantan gubernur DKI Jakarta itu pun kemudian menyebut satu per satu para menterinya yang merupakan jebolan UI. Seperti Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Ibu Mila Moeloek menteri kesehatan gak hadir, mau saya kenalkan gak hadir. Bapak Sofyan Djalil menteri agraria dan tata ruang dari UI. Pak Bambang Brodjonegoro kepala bappenas juga dari UI. Saya cari-cari di depan ternyata di belakang," ujar Jokowi.

Di luar jabatan menteri, tambah suami Iriana ini, ada Moeldoko, mantan Panglima TNI yang baru dilantik Jokowi sebagai Kepala Staf Kepresidenan (KSP), yang meraih gelar doktoralnya di UI.

"Sehari-hari sama saya juga Pak Sukardi Rinakit, Pak Johan Budi juga dari UI. Ini menunjukan UI itu gudangnya orang-orang pintar. UI itu sumbernya pejuang pembangunan dan UI sumber inspirasi dan energi untuk satu tujuan Indonesia maju, Indonesia yang maju," puji Jokowi.(fat/jpnn)


Presdien Jokowi lantas menyebut satu per satu para menterinya yang merupakan jebolan UI.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News