Jreng.. Jreng.. Ini Manfaat Musik Bagi Otak

Jreng.. Jreng.. Ini Manfaat Musik Bagi Otak
health me up

jpnn.com - LONDON- Musik tak hanya bisa dijadikan sebagai teman sehari-hari. Bermain musik ternyata juga bisa memberikan dampak bagus bagi kesehatan. Terutama yang berkaitan dengan otak.

Sebuah studi yang dilakukan kelompok riset Finlandia menemuka, bermain musik bisa meningkatkan aktivitas gen yang memengaruhi fungsi motorik seperti belajar dan memori.

"Hasil penelitian kami memberikan bukti berharga untuk studi molekuler mengenai musik dan terapi musik," kata pemimpin peneliti Irma Jarvela, seperti dilansir laman Health Me Up, Kamis (16/4).

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pertunjukan musik membawa perubahan struktural dan fungsional dalam otak manusia. Namun, mekanisme molekuler dasar untuk pertunjukan musik sejauh ini belum dieksplorasi.

Para peneliti mempelajari efek pertunjukan musik dalam suatu konser pada profil ekspresi gen dari musisi profesional Tapiola Sinfonietta dan Sibelius Academy.

Temuan ini menunjukkan, bermain musik meningkatkan aktivitas gen yang terlibat dalam neurotransmisi dopaminergik, fungsi motorik, belajar dan memori.

Beberapa gen seperti SPMB, FOS dan DUSP1 diketahui berkontribusi terhadap persepsi lagu dan produksi musisi. Para peneliti juga menemukan, beberapa gen terlibat dalam jalur biologis seperti homeostasis ion kalsium dan homeostasis ion besi yang penting untuk fungsi saraf, kelangsungan hidup dan pelindung saraf. (fny/jpnn)

 

LONDON- Musik tak hanya bisa dijadikan sebagai teman sehari-hari. Bermain musik ternyata juga bisa memberikan dampak bagus bagi kesehatan. Terutama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News