Jumlah Penduduk RI Tembus RI 228 juta jiwa

Data Sensus Nyaris Tuntas

Jumlah Penduduk RI Tembus RI 228 juta jiwa
Jumlah Penduduk RI Tembus RI 228 juta jiwa
JAKARTA - Sensus penduduk yang dilakukan pemerintah telah memasuki tahap akhir. Hingga Minggu (30/5) kemarin, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa akumulasi data sensus telah mencapai 90 persen. Dari data sementara jumlah penduduk Indonesia telah menyentuh angka 228 juta orang. BPS menyatakan telah melakukan sensus penduduk terhadap cakupan 100 persen wilayah Indonesia.

     

"Dari segi cakupan wilayah, kami sudah menyensus 100 persen. Yang sudah masuk clean ke pusat yaitu 90 persen," ungkap Kepala BPS Rusman Heriawan di Jakarta, Minggu (30/5).

Namun Rusman tidak menyebutkan perkiraan seluruh jumlah penduduk Indonesia yang tersensus karena 10 persen sisa data yang belum masuk ke pusat dinilai belum tentu memiliki representasi penduduk yang sama dengan 90 persen data yang sudah masuk. Input data sisa menyatakan bahwa data penduduk RI belum tentu sama karena berasal dari daerah terpencil.

     

Rusman mengaku mendapatkan berbagai kesulitan selama melakukan sensus penduduk. Pertama, pihaknya kesulitan melakukan sensus terhadap penduduk yang berada di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya. Apalagi kota-kota besar tersebut memiliki wilayah elite dengan apartemen mewah. Tak sedikit warga kelas menengah ke atas yang sangat sulit ditemui dan diakses data pribadinya. "Urusan menjangkau daerah elite gampang. Kesulitannya menemui yang punya rumah," terangnya.

     

JAKARTA - Sensus penduduk yang dilakukan pemerintah telah memasuki tahap akhir. Hingga Minggu (30/5) kemarin, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News