Jumlah Wisman Naik Drastis, Wouw Banget!

Jumlah Wisman Naik Drastis, Wouw Banget!
Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia meningkat. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang pelesiran ke Kota Malang, Jatim, mengalami kenaikan yang lumayan tinggi.

Tercatat hingga Agustus 2018 tembus 15 ribu orang. Jumlah ini naik dratis dibanding periode yang sama pada tahun 2017 yang berkisar 6 ribu wisman.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni menjelaskan, pada tahun sebelumnya, jumlah wisman paling banter enam ribuan.

”Kunjungan wisman masih akan meninggi hingga awal September ini. Khususnya wisatawan asal Eropa. Sebab, Eropa tengah memasuki libur panjang di bulan Juli hingga bulan depan,” ungkap Ida Ayu.

Promosi melalui Malang Heritage yang digagas sejumlah komunitas diakui Ida Ayu berdampak pada wisman. Mereka kebanyakan tertarik datang ke Kota Malang untuk melihat tempat-tempat bersejarah.

”Promosinya kan sampai luar negeri, makanya wisman Eropa nekat jauh-jauh wisata kemari,” kata Ida Ayu.

Selain wisman, banyak juga pelajar asing yang ikut program studi ekskursi (studi banding) maupun short course di beberapa perguruan tinggi. ”Apalagi, program kampus di Kota Malang cukup menggiurkan mahasiswa asing belajar di sini,” tambahnya lagi.

Dia pun optimistis, tahun berikutnya kunjungan wisman akan bertambah lebih banyak lagi. ”Negara Eropa yang kami kunjungi saat promosi tidak lagi menanyakan di mana itu Indonesia atau tanya Bali. Tapi mereka mulai penasaran dengan Malang,” ucapnya lagi.

Jumlah wisman yang berkunjung ke Kota Malang Jatim pada tahun ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News