Jurnalis Perempuan Ini Bikin Tiongkok Ketakutan, Disebut Membahayakan Keamanan Negara

Jurnalis Perempuan Ini Bikin Tiongkok Ketakutan, Disebut Membahayakan Keamanan Negara
Jurnalis stasiun televisi CGTN, Cheng Lei ditangkap aparat Tiongkok atas tuduhan membahayakan keamanan negara. Foto: CGTN

jpnn.com, BEIJING - Seorang jurnalis Australia yang bekerja untuk salah satu stasiun televisi Tiongkok telah ditahan aparat setempat atas tuduhan melakukan kegiatan ilegal yang membahayakan keamanan negara.

"Warga negara Australia, Cheng Lei, dicurigai melakukan aktivitas kriminal yang membahayakan keamanan nasional Tiongkok, dan tindakan wajib telah diambil dan penyelidikan sedang dilakukan oleh otoritas terkait," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian, Selasa (8/9).

Pernyataan Zhao adalah yang pertama kali Beijing menjelaskan tentang penahanan Cheng.

Cheng, seorang pembawa berita bisnis terkenal di CGTN, ditahan tiga minggu lalu. Seluruh videonya telah dihapus dari situs Tiongkok.

"Sekarang kasus ini ditangani sesuai hukum dan hak dan kepentingan Cheng dijamin sepenuhnya," kata Zhao.

Pada hari yang sama, dua koresponden Australia kembali ke negara mereka setelah dilarikan keluar dari Tiongkok untuk menjaga keselamatan mereka setelah kedua jurnalis dilarang meninggalkan negara itu sampai mereka menjawab pertanyaan tentang Cheng. (ant/dil/jpnn)

Jurnalis asal Australia, Cheng Lei telah ditahan aparat Tiongkok atas tuduhan membahayakan keamanan negara


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News