JPNN.com

Jurus Gubernur Sumsel Kolaborasikan BUMD dan SMK demi Genjot Pertanian

Jumat, 26 Februari 2021 – 19:52 WIB
Jurus Gubernur Sumsel Kolaborasikan BUMD dan SMK demi Genjot Pertanian - JPNN.com
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru terus berupaya meningkatkan generasi petani yang unggul di wilayahnya. Foto: Adv/Sumeks

jpnn.com, BANYUASIN - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Haji Herman Deru didampingi Bupati Banyuasin Askolani menghadiri penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara PT Sriwijaya Argo Industri dengan Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Sembawa, Kabupaten Banyuasin.

Gubernur Herman sekaligus meluncurkan produk produk hasil pabrik penyulingan minyak sereh wangi. Kedua acara itu digelar di SMK-PP Negeri Sembawa Banyuasin, Rabu (24/2/).

Herman mengatakan petani merupakan suatu profesi yang bergengsi karena berperan menurunkan angka kemiskinan dengan tujuan menyejahterahkan masyarakat. “Bidang pertanian membutuhkan tenaga pertanian yang andal,” kata Herman.

Ia menambahkan sudah menjadi kewajiban bersama bagaimana para anak didik dapat melihat bakat yang dimilikinya utnuk masa depan yang cemerlang. “Sehingga, mereka dapat terus berkreasi dan berkarya guna kesejahteraan,” ungkapnya.

Herman bercerita saat menjabat bupati Ogan Komering Ulu (OKU) 13 tahun lalu, ia menghadiri sebuah acara terkait Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kabupaten Banyuasin. Menurutnya, dalam acara KTNA kala itu ada sebuah program serta inisiasi tentang tumbuhan jarak menjadi bahan baku solar.

Nah, Herman menambahkan untuk saat ini diperlukan pula pihak yang mau, mampu, tahu bagaimana proses pembangunan di berbagai bidang dapat diselesaikan dengan baik.

“Sebagai contoh bidang pertanian, butuh tenaga pertanian yang andal. Salah satunya kami lakukan dengan merekrut 1000 tenaga penyuluh pertanian pada November tahun lalu,” katanya.

Selain itu, ujar Herman, dalam menyukseskan pembangunan pertanian, pihaknya sudah menggelar rapat kerja daerah (rakerda) di Sumsel.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...