Jurus Menhub Budi Menstabilkan Harga Tiket Pesawat

Jurus Menhub Budi Menstabilkan Harga Tiket Pesawat
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeber upaya menstabilkan harga tiket pesawat terbang. Foto/ilustrasi: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membeber sejumlah langkah yang telah dan akan dilakukan untuk menstabilkan harga tiket pesawat. 

Hal itu sejalan pula dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/8). 

“Menindaklanjuti arahan Bapak Presiden, kami telah dan akan membahasnya lebih detail dan intensif dengan sejumlah pemangku kepentingan, termasuk dengan pemerintah daerah,” kata Menhub Budi dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (18/8). 

“Kami pun telah berkirim surat kepada pemerintah daerah untuk turut mendukung konektivitas dengan turut membantu memastikan tingkat keterisian penumpang, memberikan subsidi dan insentif lainnya," tambahnya. 

Dia mengatakan harga avtur memang mengakibatkan harga tiket naik. 

Namun, lanjut dia, ada strategi pengelolaan yang harus dikoordinasikan secara detail sehingga harga tiket pesawat bisa tetap terkendali dan tidak memberikan efek kenaikan inflasi yang terlalu tinggi.

Menurut Budi, di beberapa daerah tingkat keterisian (okupansi) pesawat hanya 50 persen atau bahkan kurang dari itu. 

Oleh sebab itu, pemda didorong turut memberikan subsidi, dan memasarkan agar okupansi penumpang pesawat meningkat.

Menhub membeber upaya yang telah dan akan dilakukan untuk menstabilkan harga tiket pesawat. Presiden Jokowi sudah meminta Menhub Budi membereskan persoalan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News