Jusuf Kalla Yakin Taliban Sudah Berubah, Ini Alasannya...

Jusuf Kalla Yakin Taliban Sudah Berubah, Ini Alasannya...
JK yakin Taliban sudah berubah, tidak kaku dan cenderung keras. Foto: ANTARA/REUTERS/Stringer/pri.

jpnn.com, JAKARTA - Wapres 2014-2019 Jusuf Kalla (JK) meyakini Afghanistan di bawah kepemimpinan Taliban akan mengalami transformasi apabila disiplin tetap dipertahankan di seluruh negara itu.

Taliban sendiri saat ini sudah mengalami perubahan lebih moderat yang dapat dilihat saat terjadinya perundingan damai yang dipimpin Indonesia.

Jusuf Kalla menilai Taliban sudah sangat ingin berubah yang berbeda dengan pemerintahan lama dua dasa warsa lain.

"Dan saat ini ketika terjadi perubahan politik sejauh ini tidak terjadi perang saudara," bebernya dalam diskusi publik Masa Depan Afghanistan dan Peran Diplomasi Perdamaian Indonesia yang diselenggarakan Center for Reform hari Sabtu (21/8).

JK menyebut Taliban yang sekarang sudah berubah tidak seperti dua dasa warsa lalu yang kaku dan cenderung keras.

"Adanya larangan terhadap wanita untuk tidak bekerja misalnya mungkin akan berubah. Oleh sebab itu ketika terjadi pengambilalihan kekuasaan relatif berlangsung damai," kata JK.

Sebelum terjadi perubahan politik, JK meneruskan, di Afghanistan ini terdapat tiga pihak yakni Amerika Serikat, pemerintah Afghanistan dan kelompok Taliban.

"Dan sebenarnya konfrontasi terjadi antara Taliban dengan Amerika Serikat. Dan ketika Amerika Serikat meninggalkan Afghanistan maka Taliban dengan cepat dapat menguasai Afghanistan," ujar JK.

JK yakin Taliban sudah berubah, tidak kaku dan cenderung keras. JK Yakin Taliban bisa membawa perubahan baik bagi Afganistan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News