Kabar Baik! BPS: Triwulan II 2021 Ekonomi Tumbuh 7,07 Persen

Kabar Baik! BPS: Triwulan II 2021 Ekonomi Tumbuh 7,07 Persen
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyampaikan pertumbuhan ekonomi triwulan II 2021. Foto: Tangkapan Layar konfrensi pers BPS

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyampaikan data pertumbuhan ekonomi triwulan II 2021.

"Triwulan II-2020 atau secara year on year (yoy) perekonomian Indonesia tumbuh 7,07 persen," kata Margo dalam konfrensi pers yang dipantau dari Jakarta, Kamis (5/8).

Margo menjelaskan pertumbuhan ekonomi dipicu oleh berbagai faktor baik dalam dan luar negeri.

Berdasarkan pengaruh global, lanjutnya, pertumbuhan juga dipengaruhi oleh perbaikan ekonomi beberapa negara yang menjadi mitra dagang Indonesia.

Margo memerinci Amerika Serikat tumbuh sebesar 12,2 persen, Tiongkok 7,9 persen, dan Singapura 14,3 persen, Korea Selatan 5,9 persen, dan Vietnam 6,6 persen.

"Pulihnya ekonomi pada negara yang menjadi mitra dagang mendorong permintaan luar negeri jadi ekspor kita meningkat," ujarnya.

Selain itu, BPS berpendapat dari dalam negeri vaksinasi Covid-19 juga memicu pertumbuhan ekonomi. Pasalnya, program tersebut menimbulkan kepercayaan publik dan memperbaiki mobilitas masyarakat.

"Peningkatan mobilitas masyarakat pada triwulan 2-2021 mendorong tumbuhnya pengeluaran konsumsi rumah tangga 5,93 persen," kata Margo. (mcr10/jpnn)

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyampaikan pertumbuhan ekonomi triwulan II 2021.


Redaktur & Reporter : Elvi Robia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News