Kabar Gembira, Perusahaan China Setuju Danai Proyek Besar di Sumatera Utara

Kabar Gembira, Perusahaan China Setuju Danai Proyek Besar di Sumatera Utara
Ilustrasi- Mata uang dolar Amerika Serikat dan yuan China. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Perusahaan Shandong Timber and Wood Products Association asal China telah menandatangani MoU investasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mengkei, Sumatera Utara.

Penandatanganan tersebut disaksikan langsung Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun, Jumat.

"Penandatanganan MoU ini merupakan wujud kolaborasi secara intensif antara KBRI Beijing dengan Shandong Association selama hampir tiga tahun dan hasil kerja sama dengan Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian BUMN, dan pihak-pihak lain di Indonesia," kata Dubes.

Bagi Shandong Association, MoU itu merupakan investasi pertamanya dalam membangun proyek kawasan industri berskala internasional di Indonesia.

Shandong Association diketahui menjalankan bisnis utama di bidang produksi kayu di China sehingga diyakini mampu memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan kualitas produksi kayu di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan ekspor global.

Pimpinan Shandong Association Yang Yuelu mengakui Indonesia telah menjadi salah satu mitra kerja samanya dalam beberapa tahun terakhir untuk mendukung sinergi prakarsa pembangunan Sabuk Jalan (BRI) dan Poros Maritim Global yang dicanangkan kedua negara.

"Penandatanganan MoU kali ini dapat terealisasi berkat dukungan KBRI Beijing dan seluruh pihak terkait di Indonesia. Diharapkan kerja sama ini bisa memberikan manfaat kedua bangsa dan negara," ujarnya.

Sampai saat ini China menduduki peringkat ketiga sebagai negara investor terbesar di Indonesia dengan nilai realisasi investasi pada 2021 mencapai 3,2 miliar dolar AS dan pada triwulan I/2022 mencapai 1,4 miliar dolar AS.

Investasi China di Indonesia bertambah lagi dengan masuknya perusahaan kayu terbesar Negeri Tirai Bambu sebagai pemodal proyek utama di Sumatera Utara

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News