Kabar Kim Jong Un Kritis Sangat Lebay, Begini Situasi Sebenarnya

Kabar Kim Jong Un Kritis Sangat Lebay, Begini Situasi Sebenarnya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto: Newsweek

jpnn.com, SEOUL - Sejumlah pejabat Korea Selatan yang menolak disebutkan namanya membenarkan bahwa Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dalam kondisi sakit. Namun, situasinya tidak separah yang diberitakan media massa.

Media Korea Selatan mengabarkan bahwa Kim tengah dirawat setelah menjalani prosedur kardiovasklar,  Senin (20/4). Konfimasi membantah kabar bahwa Kim tengah dalam bahaya besar usai operasi jantung.

Daily NK, sebuah situs khusus yang berbasis di Seoul, mengabarkan bahwa Kim sedang memulihkan diri di sebuah vila di resor Gunung Kumgang, Hyangsan, di pantai timur setelah menjalani prosedur kardiovaskular di sebuah rumah sakit pada 12 April.

Ada spekulasi mengenai kesehatan Kim setelah dia absen dari sebuah acara yang menandai ulang tahun pendiri Korea Utara sekaligus kakek Kim, Kim Il Sung, pada 15 April.

Pada 12 April, media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa Kim Jong Un telah mengunjungi pangkalan udara dan mengamati latihan jet tempur dan pesawat serang.

Dua hari kemudian Korea Utara meluncurkan beberapa rudal jelajah antipesawat jarak pendek ke laut dan jet Sukhoi menembakkan rudal udara-ke-darat sebagai bagian dari latihan militer, kata militer Korea Selatan.

Tes rudal dilakukan pada malam hari libur nasional di Korea Utara untuk merayakan ulang tahun Kim Il Sung.

Pembicaraan denuklirisasi Korea Utara-AS terhenti pada akhir 2019 dan para analis mengatakan serangkaian uji coba dan latihan militer tahun ini tampaknya bertujuan menggarisbawahi kembalinya Korea Utara ke kebijakan yang lebih keras.

Sejumlah pejabat Korea Selatan yang menolak disebutkan namanya membenarkan bahwa Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dalam kondisi sakit

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News