Kabupaten Lingga Panen dan Tanam Serentak di 1800 ha

Kabupaten Lingga Panen dan Tanam Serentak di 1800 ha
Panen di Kabupaten Lingga. Kepri. Foto: Ist

jpnn.com, LINGGA - Menteri Pertanian yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Pertanian, Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional, Mag Syukur, Bupati Lingga, Alias Wello, melakukan panen dan tanam serentak padi (Sabtu, 17/2)

Menurut Wello, gerakan percepatan panen dan tanam serentak padi dan jagung di atas lahan seluas 1.800 Ha itu, melibatkan ribuan orang dari kelompok tani, TNI/Polri, ASN, OKP, Ormas dan pelajar/mahasiswa.

Penanaman serentak dilakukan di tujuh lokasi sawah yang tersebar di Pulau Singkep dan Lingga dengan melibatkan STPP 8200 orang dan dosen pembimbing sebanyak 52 orang, STPP Bogor dan Medan masing-masing sebanyak 25 orang.

"Kemudian, mahasiswa D1 IPB Sub Kampus Lingga sebanyak 105 orang," kata Wello.

Mantan Ketua DPRD Lingga yang akrab disapa Awe ini, berharap gerakan percepatan panen dan tanam serentak yang digagasnya itu, mampu memberi energi baru bagi kebangkitan sektor pertanian.

Khususnya di bumi Bunda Tanah Melayu menuju Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor (LPBE) di wilayah perbatasan.

"Ini adalah momentum untuk membuktikan bahwa Lingga yang selama ini dikenal sebagai daerah kepulauan dengan kultur masyarakatnya sebagai nelayan, mampu bangkit dan menjadi daerah penyangga kebutuhan pangan di wilayah perbatasan. Jadi, kita tidak lagi bergantung pada pasokan pangan impor," tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Lingga memiliki 604 pulau besar dan kecil dengan jumlah penduduk sekitar 102 ribu jiwa.

Berkat bantuan Kementerian Pertanian kini sektor tani di Kabupaten Lingga makin maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News