Kaesang Yakin PSI Sudah Lampaui Ambang Batas 4 Persen

Kaesang Yakin PSI Sudah Lampaui Ambang Batas 4 Persen
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep saat berkampanye di Kupang, NTT, Rabu (31/1/2024). Foto: dok PSI

jpnn.com, KUPANG - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Kaesang Pangarep menyebut dirinya sudah tahu sejak lama perihal hasil survei yang menunjukkan elektabilitas partainya melebihi 4 persen alias di atas ambang batas parlemen yang menjadi syarat mendapat kursi DPR.

"Udah tahu lama. Saya udah tahu," kata Kaesang usai Kampanye Akbar PSI di Lapangan Lasitarda Lasiana, Kupang, NTT, Rabu (31/1).

Berdasarkan survei terbaru Data Riset Analitika, PSI memperoleh suara sampai 4,3 persen. Jumlah persentase tersebut telah melampaui syarat ambang batas parlemen 4 persen yang memungkinkan partai yang mengklaim sebagai partai anak muda tersebut masuk ke DPR setelah gagal pada Pemilu 2019.

Direktur Eksekutif Data Riset Analitika Nana Kardina menyebut peluang PSI lolos ke Senayan disumbang oleh asosiasi partai dengan Presiden Joko Widodo, terutama sejak masuknya Kaesang, serta dukungan terhadap Prabowo-Gibran.

Menurutnya, perpecahan Jokowi dengan PDIP memberi peluang bagi PSI untuk berkembang menjadi kendaraan politik bagi Jokowi.

“Masuknya PSI ke Senayan bisa menjadi saluran kepentingan Jokowi di arena legislatif, sedangkan Prabowo-Gibran menguasai eksekutif,” tutur Nana.

Elektabilitas PSI mulai menanjak secara perlahan sejak Kaesang menjabat Ketua Umum.

Bahkan, Kaesang menyebut PSI telah menempati posisi elektabilitas tertinggi ketiga di NTT berdasarkan hasil survei terbaru.

Elektabilitas PSI mulai menanjak secara perlahan demi perlahan sejak Kaesang menjabat Ketua Umum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News