Minggu, 19 Agustus 2018 – 01:12 WIB

Kakak Adik Raih Emas Olimpiade Matematika di Korsel, Hebat!

Sabtu, 04 Agustus 2018 – 00:35 WIB
Kakak Adik Raih Emas Olimpiade Matematika di Korsel, Hebat! - JPNN.COM

jpnn.com - Noriko Khang dan Yuriko Khang, kakak beradik, kompak beradu meraih prestasi di ajang olimpiade matematika. Dua putri asal Balikpapan ini meraih medali emas dalam kompetisi World Mathematics Invitational (WMI) di Korea Selatan (Korsel).

DINA ANGELINA, Balikpapan

SEMANGAT Noriko Khang dan Yuriko Khang terisi penuh. Kali ini tak ada rasa takut untuk menghadapi kompetisi tingkat internasional. Alih-alih pusing memikirkan kompetisi, sebaliknya kedua kakak beradik itu malah senang.

Bagaimana tidak, mereka ditemani oleh orangtua dalam perjalanan tersebut. Anggap saja kesempatan ini sekaligus bisa menjadi momen liburan bagi keluarga kecil tersebut.

Noriko dan keluarga memang tiba terlebih dahulu sebelum waktu lomba. Ada satu hari yang bisa dimanfaatkan untuk istirahat dan refresh otak. Tak jauh-jauh, mereka menghabiskan waktu cukup dengan keliling Kota Seoul. “Senang bisa coba memakai baju tradisional Korea Selatan, hanbok,” kata Noriko.

Kesempatan berjalan-jalan sebelum kompetisi ini cukup ampuh. Duo saudara Khang itu bisa menjalani lomba tanpa beban. Tepatnya saat kompetisi WMI 2018 berlangsung Sabtu (14/7). Jumlah kompetitornya tidak terhitung. Bahkan total peserta dalam ajang itu mencapai 1.200 orang.

Setidaknya ada 23 negara yang berpartisipasi dalam WMI 2018. Sebagian besar peserta berasal dari Asia misalnya Taiwan, Tiongkok, Singapura, Vietnam, Indonesia, dan Korea Selatan. Lalu ada pula dari Afrika Selatan, Bulgaria, Amerika Serikat, dan lainnya. Ribuan peserta ini terbagi dalam 13 kategori atau grade perlombaan. Mulai tingkat TK hingga SMA.

Pelaksanaan lomba seluruh kategori dilakukan secara bersamaan. Mereka hanya terpisah ruang untuk membedakan grade. Kiko, sapaan akrab Noriko, mengambil lomba untuk siswa level kelas 5 SD, sedangkan Shin Shi, sapaan Yuriko, dengan level kelas 3 SD. Meski berpartisipasi dalam kompetisi yang sama, Noriko dan Yuriko memiliki jalan yang berbeda hingga bisa menjadi peserta WMI 2018.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar