Kakanwil Bea Cukai Sulbagsel Sambut Kunjungan Kerja Komisi XI DPR

Kakanwil Bea Cukai Sulbagsel Sambut Kunjungan Kerja Komisi XI DPR
Kakanwil Bea Cukai Sulbagsel Parjiya. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, MAKASSAR - Kakanwil Bea Cukai Sulbagsel Parjiya bersama Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sulawesi Selatan Anugrah Komara, dan seluruh jajaran pimpinan eselon II Kementerian Keuangan yang bertugas di Sulawesi Selatan menerima kunjungan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara selaku pimpinan kunjungan kerja spesifik di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam kunjungan tersebut, Amir dengan didampingi sejumlah anggota Komisi XI DPR RI, melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Selatan, tepatnya di kota Makassar, dalam rangka pengawasan terhadap penerimaan negara.

“tujuan dari kunjungan ini adalah untuk melakukan pengawasan, mengingat ini sudah merupakan akhir tahun, yang harus dipikirkan adalah capaian dan kendala apa saja yang dihadapi dalam mencapai target yang sudah ditetapkan," kata Amir di sela-sela diskusi.

Secara keseluruhan, kunjungan kerja diisi dengan paparan dari masing- masing Kepala Kantor Wilayah Kementerian Keuangan. Anugrah Komara membuka dengan penjelasan terkait Kementerian Keuangan yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara dan dari fungsinya sebagai perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan di bidang penganggaran, pajak, kepabeanan dan cukai, perbendaharaan, kekayaan negara, perimbangan keuangan serta pengelolaan pembiayaan dan resiko. Sehingga menurutnya sudah sepatutnya saling menjaga dan meningkatkan penerimaan negara.

Selain Anugrah, Kakanwil Bea Cukai Sulbagsel, Parjiya pun berkesempatan memaparkan beberapa langkah strategis dalam meningkatkan penerimaan sebagai upaya sinergi yang terwujud dalam joint program/analisis dengan Direktorat Jenderal Pajak.

“Kendala penurunan penerimaan pun tak lupa perlu kami sampaikan, dimana salah satu sebabnya adalah terbitnya aturan larangan ekspor nikel. Namun ada gebrakan baru yang dilakukan Bea Cukai yaitu adanya pembentukan pengolahan pabrik rokok terpadu serta beberapa kegiatan lainnya, seperti pemberian fasilitas kepada beberpa perusahaan yang ada berupa fasilitas kawasan berikat, pusat logistik berikat, dan kemudahan impor tujuan ekspor yang diharapkan mampu genjot penerimaan hingga akhir tahun serta menarik investor untuk segera bergabung dalam menggerakan perekonomian kota Makassar,” jelasnya.(jpnn)

Kakanwil Bea Cukai Sulbagsel menyambut Komisi XI DPR RI yang melakukan kunjungan kerja di wilayahnya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News