Kaki Kuat Pertanda Otak Sehat, Benarkah?

Kaki Kuat Pertanda Otak Sehat, Benarkah?
Jalan kaki. Foto Vemale

jpnn.com - Menjaga kondisi otak sehat bukanlah sesuatu yang sulit. Sebuah penelitian mengungkapkan, menjaga kekuatan otot kaki bisa membawa dampak yang cukup signifikan pada kondisi otak Anda.

Penelitian yang yang diterbitkan di jurnal Gerontology ini menjelaskan pada kekuatan otot tubuh bagian bawah berhubungan dengan kesehatan otak.

Dalam studi tersebut, tim peneliti dari King's College di London mengukur kekuatan kaki dan kemampuan kognitif dari 324 orang kembar yang berusia 43-73 selama 10 tahun.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan fakta mereka yang mempertahankan kemampuan kognitifnya memiliki kaki yang kuat, sementara kaki yang lemah menunjukkan hasil yang sebaliknya.

Kekuatan kaki dalam hal ini tidak hanya mengukur seberapa banyak beban yang bisa diangkat, tetapi juga kecepatan dan kekuatan otot atau kemampuan untuk melakukan banyak pekerjaan.

Penelitian ini dianggap sebagai yang pertama karena menunjukkan hubungan antara kekuatan (kecepatan dan kecepatan) tertentu anggota tubuh dan perubahan kognitif seseorang.

Menurut Dr Claire Steves, penulis utama dalam penelitian ini, perubahan gaya hidup dengan meningkatkan aktivitas fisik ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Meski penelitian ini menjelaskan bahwa aktivitas tubuh bagian bawah terkait dengan peningkatan kinerja otak, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami lebih jelas hubungan antara aktivitas fisik dan perubahan struktur di otak.

Menurut Dr Claire Steves, perubahan gaya hidup dengan meningkatkan aktivitas fisik ternyata dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Sumber Klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News