Kang Emil Berharap Aplikasi Ini Bisa Permudah Masyarakat Naik Transportasi Umum

Kang Emil Berharap Aplikasi Ini Bisa Permudah Masyarakat Naik Transportasi Umum
Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi Jembara. Foto: Antaranews

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi bernama Jaramba, sebuah platform digital yang memudahkan masyarakat bepergian menggunakan transportasi publik.

Aplikasi Jaramba sendiri merupakan aplikasi berbasis website yang mengintegrasikan konektivitas antarmoda, menunjukkan informasi secara real-time dan pembayaran secara cashless.

"Dengan adanya aplikasi ini warga bisa mengetahui sebelum pergi mau rute ke mana, naik satu jenis angkot saja atau harus berganti angkot, itu diketahui sebelum pergi," kata pria yang akrab disapa Kang Emil di Bandung, Jumat (7/1).

Dia menambahkan moda transportasi umum yang mendukung aplikasi tersebut adalah angkutan kota dan bus Damri di Bandung Raya.

Menurut dia, ada banyak kemudahan yang didapat apabila menggunakan aplikasi Jaramba.

Mulai dari mengetahui posisi terkini moda transportasi terdekat, memberikan beberapa pilihan yang tersedia, sampai menyediakan informasi rute perjalanan, jarak, dan waktu tempuh.

"Pada saat menunggu, aplikasi ini akan menginformasikan yang ditunggu sudah sampai mana. Tidak seperti cara manual bisa menunggu lama," ujar Kang Emil.

Dia menyebut nantinya semua transportasi umum akan full digital.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan aplikasi bernama Jaramba, sebuah platform digital yang memudahkan masyarakat bepergian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News