Kang Hasan Ingin Pendidikan Karakter di Jabar Diperkuat

Kang Hasan Ingin Pendidikan Karakter di Jabar Diperkuat
Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin saat menjadi pembicara pada seminar nasional bertema 'Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Keterampilan Abad ke-21' di Cimahi, Sabtu. Foto: istimewa for RMO

jpnn.com, CIMAHI - Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin meyatakan, pendidikan berkarakter harus sejak dini. Politikus PDI Perjuangan yang akrab disapa dengan panggilan Kang Hasan itu menegaskan, pendidikan berkarakter merupakan hal penting untuk membangun sumber daya manusia (SDM) sekaligus menguatkan moralitas bangsa.

"Mengaplikasikan pendidikan berkarakter secara langsung tidak hanya teori sejak dini. Serta adanya kecenderungan degradasi kondisi moralitas, etika, dan budi pekerti," ungkap Kang Hasan saat menjadi pembicara pada kegiatan seminar nasional bertema Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Keterampilan Abad ke-21 di STKIP Pasundan Cimahi, Kota Cimahi, Sabtu (3/2).

Cagub Jabar yang berpasangan dengan Anton Charliyan itu menambahkan, penguatan pendidikan karakter di era globalisasi harus diberangi dengan cara berpikir kritis yang disampaikan secara santun. Selain itu, katanya, generasi bangsa juga harus diajak berpikir kreatif dalam menghadapi persaingan global.

"Kecakapan berkomunikasi dan kerja sama dalam pembelajaran untuk menguatkan pendidikan karakter di abad ke 21 itu juga sangat penting," paparnya.

Karena itu Hasanuddin menegaskan, para tenaga pendidik khususunya di Jabar harus terus menguatkan pendidikan karakter. "Pembinaan karakter kita masih buruk, mari kita perbaiki bersama," tegasnya di acara yang juga dihadiri praktisi pendidikan Endang Komara, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) Kemendikbud Arnie Fajar serta para akademisi itu.(rus/rmo/jpg)


TB Hasanuddin menyatakan, penguatan pendidikan karakter di era globalisasi harus diberangi dengan cara berpikir kritis yang disampaikan secara santun.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News