Kapal AS Tembak Kapal Nelayan India

Kapal AS Tembak Kapal Nelayan India
Kapal AS Tembak Kapal Nelayan India
DUBAI – Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran di perairan Teluk memicu insiden dan juga membawa korban. Kapal pengisi bahan bakar milik militer AS, USNS Rappahannock, menembak sebuah kapal nelayan ukuran kecil milik India yang melintas di perairan Teluk Senin sore lalu (16/7) waktu setempat atau Senin malam WIB.

Penembakan tersebut terjadi karena para personel USNS Rappahannock mengira kapal ikan itu sebagai kapal patroli militer Iran. Saat itu kapal ikan tersebut berlayar mendekati posisi USNS Rappahannock. Seorang warga India tewas dan tiga lainnya terluka dalam insiden itu.

Lokasi penembakan berada di perairan dekat pelabuhan Jabal Ali, Uni Emirat Arab (UEA), sekitar pukul 14.50 waktu setempat. Beberapa saat setelah insiden, Komando Pusat Angkatan Laut AS membenarkan insiden tersebut. Dalam pernyataan tertulisnya, AS menyatakan bahwa kapal motor itu melintas di jalur lintasan USNS Rappahannock dan mengabaikan peringatan yang telah diberikan. Karena dianggap menantang, militer AS melepaskan tembakan ke kapal ikan tersebut.

’’Kru kami telah memperingatkan kapal tersebut untuk menyingkir. Tetapi, operator kapal itu tidak merespons peringatan kami. Personel kami lalu menembakkan senapan mesin kaliber 50 ke arah kapal tersebut,’’ urai Letnan Greg Raelson, jubir Armada Ke-5 (5th Fleet) AL AS di Bahrain.

DUBAI – Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dan Iran di perairan Teluk memicu insiden dan juga membawa korban. Kapal pengisi bahan bakar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News