Kapal Navigasi KN Enggano Dioperasikan

Kapal Navigasi KN Enggano Dioperasikan
Ilustrasi

jpnn.com - JPNN.com - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Tonny Budiono meresmikan pengoperasian Kapal Pengamat Perambuan, KN. Enggano.

Kapal ini nantinya akan dimanfaatkan untuk mendukung tugas kenavigasian pada Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok.

Sebelumnya dua bulan, KN. Enggano diluncurkan di Galangan Kapal PT. Multi Prima Batam bersama dengan dua unit Kapal Pengamat Perambuan lainnya, yakni KN. Karimun Jawa, dan KN. Pengiki.

Tonny mengatakan, pelaksanaan kegiatan kenavigasian memiliki peran yang sangat besar dalam menunjang aspek keselamatan pelayaran.

Mulai dari memastikan kondisi alur pelayaran dan perlintasan yang aman dan efisien, tersedianya Sarana Bantu Navigasi Pelayaran yang cukup dan handal, serta penyelenggaraan telekomunikasi pelayaran sesuai tuntutan dan peraturan internasional.

Adapun KN.Enggano yang dibangun ini memiliki tugas seperti melaksanakan pemantauan berkesinambungan SBNP, menjemput penjaga menara suar yang mengalami sakit keras, melaksanakan perawatan darurat SBNP.

Kemudian melaksanakan tugas SAR dan tugas-tugas pemerintahan lainnya.

“Saya berharap kehadiran KN. Enggano sebagai Kapal Pengamat Perambuan ini akan memperkuat peran armada kenavigasian yang dimiliki oleh Disnav Tanjung Priok,” kata Tonny.

JPNN.com - Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Tonny Budiono meresmikan pengoperasian Kapal Pengamat Perambuan, KN. Enggano.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News