Kapal Penyeberangan Terbakar di Bengkalis, Diduga Gegara Arus Pendek

Kapal Penyeberangan Terbakar di Bengkalis, Diduga Gegara Arus Pendek
KMP Permata Lestari terbakar di dermaga material PT.BLJ Air Putih Bengkalis. ANTARA/Alfisnardo

jpnn.com, BENGKALIS - Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Permata Lestari yang sedang berada di pelabuhan material PT Bumi Laksamana Bandar Jaya (BLJ) Air Putih Bengkalis terbakar.

Hasil pemeriksaan sementara, api diduga berasal dari arus pendek di ruang penumpang sekitar pukul 11.00 WIB, Kamis.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bengkalis Adi Pranoto ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, kapal yang terbakar tersebut sudah tidak beroperasi sejak 12 Mei 2024.

"Diduga api berasal dari arus pendek di ruang penumpang dan kapal ini sudah tidak diperpanjang lagi operasinya sejak 12 Mei 2024, posisi kapal saat terbakar bersandar di pelabuhan PT BLJ. Kejadian ini murni tanggung jawab dari pihak perusahaan," ajar Adi Pranoto dikutip dari Antara

Untuk pemadaman api di kapal yang terbakar, lanjutnya, diturunkan dua mobil pemadam kebakaran dari Damkar. Akhirnya dalam beberapa waktu api bisa dipadamkan.

"Alhamdulillah api sudah bisa padam dan tinggal pendinginan," kata Adi.

Terbakarnya KMP Permata Lestari ini, ditegaskan Adi, tidak mengganggu arus pelayaran terhadap kapal roro lain yang melayani rute Bengkalis-Sungai Pakning.

"Kapal yang beroperasi hari ini hanya dua kapal dan tiga kapal lagi baru siap pulang dari docking dan menunggu pengecekan untuk operasi dan kejadian ini tidak mengganggu arus penyeberangan," kata Adi Pranoto.

Sebuah kapal motor penyeberangan terbakar di Bengkalis. Api diduga berasal dari arus pendek.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News