Kapal Perang Amerika Gagalkan Pengiriman Senjata Iran ke Yaman

Kapal Perang Amerika Gagalkan Pengiriman Senjata Iran ke Yaman
Iran menduga kapal induk AS USS Boxer menembak drone milik mereka sendiri. Foto: Reuters

jpnn.com, RIYADH - Angkatan Laut Amerika Serikat menyita sejumlah komponen rudal yang diyakini sebagai milik Iran dari kapal tanpa bendera yang berlayar di Laut Arab. Kini Pentagon tengah melakukan penyelidikan lebih jauh mengenai komponens senjata jarak jauh tersebut.

"Investigasi yang lebih menyeluruh sedang dilakukan," ujar Pentagon seperti yang dimuat Reuters, Rabu (4/12).

Penemuan komponen rudal tersebut berawal ketika patroli Angkatan Laut AS menahan sebuah kapal kecil. Ketika personel AS naik ke kapal tersebut, ditemukan komponen-komponen rudal.

Informasi yang didapatkan dari pejabat Pentagon, komponen rudal tersebut sebenarnya dalam perjalanan menuju wilayah kekuasaan pemberontak Houthi di Yaman.

Berdasarkan resolusi PBB, Iran dilarang memasok, menjual, atau mentransfer senjata ke luar negara, kecuali telah disetujui oleh Dewan Keamanan.

Alhasil, Houthi selama ini kerap kali menyelundupkan senjata dari Iran bagian per bagian. Dan dalam beberapa tahun terakhir, kapal perang AL AS berusaha untuk menghentikan usaha tersebut dengan melakukan patroli di sekitar perairan teluk.

Sejak Mei, AS juga telah mengirim 14.000 pasukan tambahan ke wilayah itu untuk menghalangi pergerakan Iran. (rmol/jpnn)

Angkatan Laut Amerika Serikat menyita sejumlah komponen rudal yang diyakini sebagai milik Iran dari kapal tanpa bendera yang berlayar di Laut Arab


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News